Advetorial

Senin, 06 September 2010

FaceBook Opie Andaresta

Ingin berteman dengan opie andaresta di FaceBook? klik disini



Sudah lama penyanyi Oppie Andaresta (37) dikenal aktif dalam berbagai kegiatan pemberdayaan perempuan. Menurut penyanyi kelahiran Jakarta, 20 Januari 1973, perempuan harus punya mimpi dan berani mewujudkannya.
Sejak didaulat sebagai Duta Perempuan oleh 6 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) April 2009 lalu, Oppie kerap menjadi pembicara dalam berbagai seminar. Bersama aktivis Baby Jim Aditya, ia juga rutin melakukan kampanye HIV/AIDS untuk perempuan. Baru-baru ini, Oppie bahkan mengeluarkan sebuah album bertajuk Tentang Perempuan . Oppie mengatakan, album itu merupakan bentuk dedikasinya kepada perempuan Indonesia dan melalui lagu-lagunya ia mencoba membangun kepercayaan diri perempuan dalam menjalani hidup.
Di album ini Oppie mengajak musisi lain seperti Sania, Yacko, Tere, Fia, dan Ika (Thinkerbell). Proses pembuatannya sendiri hanya memakan waktu satu bulan. Ada 6 buah lagu yang disajikan dan empat di antaranya diciptakan Oppie. "Di album ini saya jadi produsernya. Saya menantang teman-teman perempuan untuk membuat lagu tentang perempuan karena kadang-kadang di industri musik itu maunya yang bertema cinta-cinta melulu," ungkap Oppie.
Lagu Wanita Indonesia yang menjadi single di album ini diciptakan Oppie hanya dalam waktu 20 menit. Menurutnya, lagu ini mencoba mengingatkan kita, banyak perempuan Indonesia yang berprestasi dan ia berharap ini bisa memberi semangat bagi perempuan lain yang belum beruntung.
Walaupun hanya digarap dalam waktu satu bulan, proses pembuatan album ini ternyata tidak mudah, lho. Awalnya, Oppie kesulitan mencari sponsor yang mau mendanai album idealisnya ini. Ia juga mencoba mengajak artis-artis ibukota untuk bergabung, tapi responsnya kurang baik.
Untungnya, Tere, Shania, dan yang lainnya mau membantu dengan ikhlas. Pembuatan album ini pun murni kerja sosial dan tak ada yang dibayar sepeser pun. Oppie menambahkan, hasil dari penjualan album ini nantinya akan digunakan untuk proyek-proyek yang berkaitan dengan persoalan perempuan.
Foto: Dok Pribadi
Jauh dari Gosip
Selain sibuk berkarier, Oppie juga disibukkan mengurus Kai Matari Bejo Kaler (3), anak tunggalnya. Bersama sang suami, Kurt Kaler (40), pria warga negara Amerika keturunan Jerman, mereka mengajarkan Kai agar peduli lingkungan dan orang-orang sekitar sejak dini.
Anak-anak tetangga selalu dibiarkan bermain bersama Kai di rumah mereka di Sawangan, Depok. "Kalau aku membelikan Kai mainan, dia pasti tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih. Malah kadang aku yang lupa untuk mengucapkan itu," ungkapnya seraya tertawa.
Bagi Oppie, yang terpenting dalam membesarkan Kai adalah dengan memberinya cinta dan kasih sayang. Sebab kelak jika Kai dewasa, ia dapat menunjukkan hal yang sama kepada orang lain.
Sebagai seorang selebriti, rumah tangga Oppie dan Kurt pun terbilang harmonis dan jauh dari gosip tak sedap. Menurut Oppie, rahasianya hanya komunikasi yang baik dan saling pengertian. Kurt baginya, sosok suami yang amat pengertian terhadap pekerjaannya. Ketika Oppie sibuk, Kurt tak segan-segan menggantikan posisinya menjaga dan merawat Kai.
Namun, seperti rumah tangga pada umumnya, mereka juga pernah bertengkar. "Misalnya, Kai waktu itu sedang batuk dan tidak aku perbolehkan berenang, tapi Kurt mempermasalahkan dengan mengatakan, ‘Apa hubungannya batuk dengan berenang?'"
Menurutnya, perbedaan budaya seperti itu terkadang masih menjadi kesulitannya dengan suami dalam membesarkan anak. Namun Oppie bersyukur, apapun masalahnya, semua dapat diselesaikan dengan baik. "Silakan minta saya melakukan apa saja deh, asal jangan menyetrika pakaian. Pasti berantakan," selorohnya.
Rindu Penggemar
Sebelum meluncurkan Tentang Perempuan , Oppie muncul dengan single I Am Single, I Am Very Happy (awal 2009). Kehadirannya itu mendapat sambutan sangat baik dari pecinta musik Tanah Air.
Katanya, single itu tadinya diciptakannya untuk dibawakan oleh penyanyi lain, tapi banyak yang menyarankan agar ia yang menyanyikannya sendiri. "Aku senang sekali karena ternyata karyaku masih diterima," katanya.
Single tadi diakui Oppie terinspirasi dari teman-temannya yang sudah memasuki usia matang, tapi belum menikah. Makanya saat lagu itu dilucnurkan, banyak yang mengucapkan terima kasih kepadanya. Ia senang bila kemudian lagu itu bisa mewakili perasaan banyak orang dan ia berharap mereka akan mendapat pasangan di waktu yang tepat dan cara yang indah.
Oppie memberi bocoran, pertengahan tahun ini ia akan mengeluarkan album barunya lagi. "Temanya masih seputar cinta. Sekarang sedang digarap, semoga Juni atau Juli sudah keluar," ungkapnya. Oppie berharap dengan keluarnya album ketujuhnya ini, mampu mengobati kerinduan para penggemarnya.
Herianto Batubara
foto: eng naftali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar